PRA MUSRENBANG KECAMATAN NGADIROJO

Kamis, 30 Januari 2020 pukul 13.00 WIB Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Pra MUSRENBANG) digelar di Pendopo Rumpin Kecamatan Ngadirojo ( Eks Kawadanan Lorok). Acara dihadiri oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pacitan Bapak Ir. Pamuji, MP, Forkompincam kecamatan ngadirojo, Kepala UPT serta seluruh Kepala Desa Ngadirojo.

previous arrow
next arrow
Slider

Dalam sambutannya Camat Ngadirojo Bapak Muniirul Ickwan, S.STP menyampaikan bahwa tujuan diadakan Pra Musrenbang ini adalah untuk merumuskan pandangan atau garis besar dari  program-program / kegiatan yang nantinya akan di bawa di Forum Musrenbang tingkat Kabupaten. Selain itu Bapak Camat juga berharap adanya inovasi maupun kreasi dari Desa untuk mengatasi permasalahan terkait dengan sarana transportasi maupun irigasi secara cepat di Desa ,dan untuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) agar usulan segera masuk untuk di input.

Pada Kesempatan ini kepala Bappeda Bapak Ir. Pamuji, MP menekankan agar semua usulan sesuai dengan permendagri no 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah dan permendagri no 90 tahun 2019 Tentang Klasifikasi, Kodefikasi, Dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Dan Keuangan Daerah sehingga apabila ada usulan yang tidak memenuhi standart secara sistem di tolak. Perencanaan tahun 2021 merupakan perencanaan yang sangat stategis karena menjadi akhir RPJMD tahun 2016 – 2021 sekaligus menjadi awal RPMD 2021- 2026, di karenakan keterbatasan Pagu Dana Pemerintah Kabupaten Pacitan sehingga perlu adanya prioritas-prioritas usulan yang sesuai dengan arahan Bapak Bupati yang berorientasi pada pembangunan Daerah untuk pertumbuhan Ekonomi dengan membangun titik-titik pertumbuhan ekonomi berbasis pada potensi wilayah setempat. Pada saat ini secara Nasional sudah dirancang pembagian kewenangan yang jelas, pada intinya kegiatan pembangunan yang bisa diselesaikan dengan dana Desa seharusnya tidak perlu di usulkan ke Pemerintah Kabupaten dan kalaupun di usulkan tidak dapat diinputkan ke SIPPD atau otomatis di tolak.

Dari kegiatan Pra Musrenbang ini dapat disimpulkan usulan prioritas diantaranya:

  1. Infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi untuk menghubungkan titik tumbuh perekonomian.
  2. Keterhubungan antar Wilayah.
  3. Pengelolaan Sumber daya yang bisa berdampak ke Desa yang lain.
  4. Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam konteks memperbaiki aspek kesehatan, aspek pendidikan, aspek ketrampilan, serta akses kepada tertentu misalnya kelembagaan Usaha.

Pada akhirnya inti keseluruhan pembangunan adalah mengarah pada satu titik pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *